Halaman

Kamis, 26 Januari 2012

Berbagi 'Laskar Pencerah'


Melalui Forum Film Pelajar Indonesia-Toronto Film Festival, Oestad Film mencoba berbagi dengan teman - teman pelajar Indonesia dengan sebuah film pendek 'Laskar Pencerah'.
Oestad film bercerita tentang sebuah sekolah alternatif/komunitas belajar yang ada di Salatiga, Jawa Tengah.
Bahwasannya sekolah tidak harus mahal dan tidak harus formal, karena pada dasarnya di sekolah adalah belajar, begitu juga dengan sebuah komunitas belajar tersebut.
Mengangkat cerita tentang pendidikan dan sosial yaitu seorang murid miskin komunitas belajar yang selalu berusaha untuk tetap bisa bersekolah dan berprestasi walaupun orang tuanya tidak setuju kalau Laskar (tokoh utama) sekolah. Film ‘Laskar Pencerah’ yang berlatar di kota Salatiga, memberikan penggambaran dan renungan kepada penonton bahwa status sosial bukan menjadi halangan bagi siapapun untuk bisa maju dan berprestasi, perubahan sistem pendidikan maupun sistem yang sudah membentuk pola pikir rakyat Indonesia tidak membuat para anak di komunitas belajar untuk berhenti belajar dengan cara mereka yang berbeda dengan sekolah formal, belajar disini adalah belajar apapun sesuai dengan keinginan si anak. Peran seorang guru adalah sebagai pendamping dan fasilitator mereka.
Tokoh Laskar yang berasal dari keluarga kurang mampu memberikan cerminan bahwa dengan keterbatasan yang dimiliki mampu meraih cita – cita yang di inginkan, prinsip dari tokoh seorang Laskar ini adalah ingin “bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya”. Konsep dasar dari film ‘Laskar Pencerah’ ini adalah “menulis”. Menulis adalah suatu kegiatan yang amat mulia. Pramoedya Ananta Toer mengatakan, “bila umurmu tidak sepanjang umur dunia, maka sambunglah dengan tulisan”. Dengan begitu, menulis dapat memberikan kehidupan abadi dan tidak kalah pentingnya, bahwa ‘menulis dapat menampakkan diri kita, bahwa kita benar - benar ada, benar - benar hidup’.     
Film ‘Laskar Pencerah’ di produksi dengan menggabungkan kru dari empat kota, yaitu Jakarta(FFTV IKJ), Jogja(AKINDO), Semarang dan Salatiga(QARRYAH THAYYIBAH dan KOMUNITAS UKSW) dan didukung sepenuhnya oleh Fakultas Film dan Televisi IKJ dan Bank Mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Apresiasinya.